Recent Posts

Rief, seorang yang bermimpi menjadi penulis, yang ingin merubah dunia dengan tulisan! Dari yang aku lihat, dengar, rasa dan pikir lahirlah halaman ini yang sebagian isinya merupakan pengalaman pribadi, Selamat Membaca

Minggu, 07 Juli 2013

Kegiatan yang Wajib Kalian Lakuin di Bulan Ramadan (Puasa)

       Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan Ramadan, nggak terasa ni sobat bloger tinggal menghitung hari kita sudah memasuki bulan ramadhan, bulan yang penuh berkat dan ampunan, tuk sobat bloger yang Muslim Rief ngucapin selamat bulan Ramadhan ya, moga lancar dan kuat puasanya tanpa bolong - bolong, Amin. dan bila mana kalau Rief ada salah selama ini maafin ya sobat bloger (ya gue maapin kok) hehe. Belum afdol rasanya kalau kita berpuasa belum tau dalilnya, oleh sebab itu, Rief sengaja Browsing hadis Nabi tentang Bab Puasa, moga membuat kalian yang biasa pada ngebandel dan malas berpuasa bisa berpuasa kembali dengan Iklas, ayo sobat bloger nyok di simak: Hadis Nabi nie di riwayatkan Abu Hurairah ra. Bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw pernah bersabda : 

Sungguh telah datang kepadamu bulan yang penuh berkat, di wajibkan atas kamu untuk ber-Puasa, dalam bulan ini pintu Jannah (Surga) di buka, pintu Neraka di tutup, setan – setan di belenggu. Dalam bulan ini ada satu malam yang nilainya sama dengan seribu bulan, maka barang siapa terhalang darinya (tidak beramal di dalamnya), sungguh telah di haramkan (tidak mendapat kebaikan di bulan lain seperti bulan ini). HR. Ahmad, Nasaidan Baihaqi, hadis Shahih Ligwahairihi. 

        Gimana sobat bloger udah pada ngebaca to hadis Nabi Muhammad SAW di atas, makanya jangan sampai terlewatkan untuk menabur kebaikan di bulan Ramadan ini, agar menjadi Orang yang beruntung dan tibalah saatnya makan ???? / 

#Apa? Makan!!!

#Ngaco Lo Rief!

Nie lagi nulis Kok makan? 

Bukan makan sobat bloger tapi masuk pada pembahasan tema kita di hari ini yaitu??? Itu,,,itu,,, itu,,, kasih tau nggak ya??? 

          Ini temanya, “Kegiatan yang wajib kalian lakuin di bulan Ramadan atau Puasa” kalau masuk bulan puasa gini, gue jadi ke inget masa kecil di kampung dulu, sekarang udah di perantauan, jadinya cuma bisa mengenang aja lah itung – itung bernostalgia. Masuk pada cerita Gue, gini ceritanya, waktu kecil ntu gue punya kebiasaan - kebiasaan yang terbilang unik yang biasa gue lakuin dengan Geng gue (gaya sekarang bilang Geng padahal dulu sebutnya konco – konco) agak begaya dikit boleh kan? Hehehe 

      Nie Sobat Bloger kebiasaan yang gue dan teman – teman lakuin di bulan puasa sewaktu kecil, yang patut kalian coba ayo di simak ya, yang pada tidur ntu ayo bangun : 
  • Sholat lima waktu 
        Kalau bulan Ramadan ntu biasa gue sangat bersemangat untuk menjalankan ibadah, contohnya: Sholat wajib, yang biasanya sholat agak bolong – blong di bulan lain, maka menjadi rajin di bulan puasa dan kadang biasa sholat sendiri di rumah tetapi di bulan puasa gue lakuin rutin secara berjamaah di Masjid, hemmm emang betul Ramadan tu banyak membawa kebaikan, termasuk ke diri gue. 
  •  Puasa satu hari Penuh 
           Walaupun tubuh gue dulu kecil dan mrucil tapi kalau masalah Puasa, gue kuat satu hari lho sobat bloger dan jarang bolong kecuali sakit, karena dalam tradisi keluarga gue, semua harus berpuasa tanpa pandang bulu, bisa – bisa kena gampar ama emak & bapak kalau gue tidak Puasa hehe
  • Tadarus / Ndarus ( baca Al – Qur’an ) 
          Di bulan puasa biasanya gue jarang tidur kalau malam, karena ngumpul ama teman – teman untuk baca Al – Qur’an. Meskipun niat gue ama teman - teman tu baik tetapi, tetap aja ada modus yang tersembunyi hehe, gini ceritanya: temen – temen gue ntu banyak, ada cewek & cowok kalau sedang ngumpul tadarusan, gue ama teman – teman yang cowok tu biasa tebar pesona gitu cari perhatian ama cewek-cewek. Tapi dasar dulu ntu masih kecil dan belum tau apa tu namanya pacaran jadinya cuma bisa senyum & nyengir – nyengir sendiri gitu, hehe :) 
  • Patrol atau Oprak 
          Udah pada tau nggak sobat bloger apa itu Patrol / Oprak, kalau orang Jawa pasti tau???, ya Patrol / oprak ntu membangunkan orang sahur, biasanya gue lakuin dengan teman – teman cowok aja, yang cewek nggak ikutan karena kita lakuin sekitar jam 02.00 malam, kan kasian kalau cewek – cewek ikut, takutnya kalau dia kedinginan siapa yang pelukin hayo hehe. 

          Gue ama teman – teman tu bikin Orkes kecil – kecilan dan alatnya tu lho sobat yang bikin ketawa??? (ayo di pilih – di pilih, beli satu geratis dua ) hehe, biasanya pake alat dapur misalnya: panci, wajan penggorengan, ember, jirigen minyak, botol bekas, besi tua, Kentongan dan masih banyak lagi alat dapur Emak yang di kluarin, yang terpenting bisa berbunyi, itung – itung cari amal lah karena dah mbangunin orang sahur di bulan puasa. Meskipun demikian tetap aja ada teman gue yang nakal biasanya nyolong / nyuri buah mangga tetangga dan di makan rame - rame waktu Patrol hehe. Tapi jangan di tiru ya sobat bloger tu kan dulu, waktu masih kecil & belum begitu mengerti yang namanya Dosa. 
  • Jalan – jalan Pagi 
           Kegiatan nie biasanya gue dan teman – teman lakuin setelah sholat shubuh, kayaknya kebiasaan yang satu nie hampir sama di semua daerah di Indonesia. Biasanya rame banget semua jalan – jalan di penuhi orang yang mainin petasan, kususnya para cewek & cowok. Hemmmm modus lagi biasanya gue dan teman – teman lakuin tu tebar pesona & cari perhatian ama cewek – cewek, Biasa??? Anu – anu :) 
  • Nyiapin baju dan celana yang ada kantongnya 
            Kebiasaan nie yang paling gila sobat bloger, kalau gue ingat sampe ketawa sendiri, begini ceritanya biasanya waktu di ahir puasa ntu gue dah persiapan ngomong ama Emak & Bapak, bahwa tidak mau tau lebaran ntu harus pake baju & celana baru hayo siapa yang pernah ngaku? Plus yang ada kantongnya, tapi tau nggak sobat bloger kantong tu untuk apa??? Begini ceritanya, kebiasaan di kampung gue waktu lebaran ntu, biasa ngadain halal – bihalal atau bersilatu rahmi dengan para tetangga, ya jadinya kita ngumpul deh dengan teman – teman rame banget, untuk bersilaturahmi. 

          Lalu kenapa kita harus bawa kantung??? nie gunanya? kalau kita bertamu ke rumah tetangga, biasanya ada suguhan, misalnya: Kue, permen, minuman kaleng dan makanan – makanan ringan gitu, naaaa ntu gunanya kantong! jadi gue ama teman – teman dulu tu, suka jail untuk mengambil kue sebanyak - banyaknya di rumah tetangga sampai semua kantong terisi penuh, banyangkan sobat bloger yang bertamu kerumah tetangga sebanyak itu, jadi kue – kue sampai hampir habis sebelum waktunya hehe. Memang parah kelakuan gue ama temam – teman jaman dulu tu, mungkin pengaruh masih kecil & unyu kali ya, jadi mempunyai kebiasaan kayak gitu hehe. 

      Peringatan : Sudah pada ngebaca semua to sobat bloger cerita gue diatas, Ingat lho sobat bloger!!!, kebiasaan ntu waktu gue masih kecil & belum begitu mengerti dengan Dosa, jadi ambil kebiasaan gue yang Positif aja ya dan jangan ngelakuin kebiasaan gue yang Negatif, Ok. 

Untuk sahabat – sahabat bloger semua, Selamat memasuki bulan Ramadan 1434 H / 2013 M. Semoga di tahun ini kita di berikan kelancaran dalam menjalani ibadah Puasa serta di beri umur panjang dan bisa bertemu di ramadan tahun depan, tidak lupa semoga semua amal dan ibadah yang kita lakukan selama ini di terima Allah Subwanahu Wata’ala , Amin Ya Robbal Alamin.


Ditulis Oleh : Arif Rudiantoro

Arif Rudiantoro Anda sedang membaca artikel tentang Kegiatan yang Wajib Kalian Lakuin di Bulan Ramadan (Puasa). Oleh: Arif Rudiantoro. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran serta Pertanyaan dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. ↓↓↓ Backlink Please ↓↓↓

ARTIKEL TERKAIT:

33 komentar:

  1. Gak bulan puasa, shalat mah harus tetep dilakuin.. Btw nice post!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tu Lha sob,,,
      Tapi Dulu kan Masih Kecil Sob,,, :waaa:
      jadi ya Gitu Lha :)
      makasih ya dah Kunjung :-d

      Hapus
  2. Balasan
    1. Kalau Tidur Kegiatan wajib tu sob di siang hari,,
      krena malam Begadang xV

      Hapus
  3. kegiatan yang sering ane lakukan ya patrol sambil tongtek sama operasi subuh hari. Sekalian nyari gebetan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarty Sama Soob,,,,
      Tapi sekarang di Perantauan Ya jadinya Cuma Bisa Bernostalgia aja :-d
      Maksih Dah Kunjung :)

      Hapus
  4. sebenarnya kegiatan yg wajib dilakuin pas bulan puasa itu kebanyakan adalaaaah BUKA BERSAMA.. hahahhaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biisa Juga Sooob
      Tergantung Selera,,,
      YG penting mencerminkan Sebuah Kebersamaan hehe
      Thank ya Sob dah Kunjung :-d

      Hapus
  5. patrol itu yang paling asyik...asal jangan lupa ikutan sahur dan sholat subuh setelah membangunkan orang2 buat sahur :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tu sdah sob,,, kengan jaman dulu tu
      Tapi biasanya kalo terlalu semangat
      Tambah ketiduran nggak sholat subuh
      Makasih ya dah kunjung :)

      Hapus
  6. Yang termasuk wajib banget buat dilakuin selama bulan ramadhan sih: Sholat lima waktu + Puasa satu hari penuh. :)

    BalasHapus
  7. Ya sering dilakuin sama anak sekarang mah begadang sampe sahur, terus usahain bangun2 jam 5 sore=))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi kayaknya dah pengalaman Si Abangnya nie :D

      Hapus
  8. sebenernya sih gue simple aje, bang...... kerjaan gue pas puasa tu
    salat-tidur. yaudeh gitu daoangan, paling tambahannya klo kebelet ya, langsung ke tempat damai, buat memenuhi panggilan alam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe Ajiiib,,,,
      Awas Lho jgan Kebanyakan tidur tar Nggak bangun" tu
      kan Repot :D

      Hapus
  9. ada yang kurang.. tidur..ngabuburit hehe
    kalo solat mah hari biasa juga kudu wajib 5 waktu atuh
    eh kirain ada kantungnya buat nerima uang eh ternyata buat ambil kue dasar haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe tu jga bleh,,,

      Kalo masalah kantung tu gue masih kecil Sob jadi harap Mak lum,,, =D

      Hapus
  10. wah rame sob blog nya, bagi dong tips nya, heeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hio k sob,,,? Nggak da yg kusus,,, sederhana ja:
      1. Sering Blog Welking
      2. Masuk komunitas sesama Bloger
      Tu ja,,, :)

      Hapus
  11. Makasih infonya dan Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok Sob,,, Amin :)
      Makasih ya dah Kunjung,,, =D

      Hapus
  12. shlat dan baca wuran itu bukan cuma di bulan Ramadhan doang, cuma quantitasnya ditingkatin dalam bulan penuh berkah ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Sob \o/
      Semangat beribadah hehe
      Makasih ya dah Kunjung :imhere:

      Hapus
  13. Mantab infonya...
    Terus semangat gan...
    Ane tunggu kunjungan ente di blog ane ya

    My Blog : DADIDOWNLOAD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung Meluncur sob :vocalist:
      Makasih ya dah Kunjung :-d

      Hapus
  14. Balasan
    1. Ok Sob :)
      Makasih ya dah kunjung =D

      Hapus
  15. Selain ibadah wajib, jalan-jalan pagi juga menjadi rutinitas. Sambil melihat pemandangan indah-indah hehehe

    BalasHapus

"TERIMAKASIH TELAH BERKOMENTAR DI BLOG SEDERHANA INI"