Recent Posts

Rief, seorang yang bermimpi menjadi penulis, yang ingin merubah dunia dengan tulisan! Dari yang aku lihat, dengar, rasa dan pikir lahirlah halaman ini yang sebagian isinya merupakan pengalaman pribadi, Selamat Membaca

Senin, 21 Oktober 2013

Tips agar kita semangat untuk Menulis


                Menulis, mungkin kata yang nggak asing lagi buat kalian, apa lagi kalo dah masuk di dunia per-Bloggeran termasuk gue sendiri, kalo lagi nulis gini jadi ke-inget cita–citaku sewaktu kecil yang menjadi penulis, selain menjadi dokter dan badman juga hehe, seperti dalam postingan gue yang lalu (Cita–cita ku menjadi Batman), dengan nulis kita bisa nyalurin, ke-gembiraan, ke-marahan, ke-galaun, ke-kecewaan, cinta atau apa lhah, yang pastinya nulis ntu sesuatu hal yang sangat istimewa menurut gue karena bisa meredakan kegalauan di hati sanubari yang paling dalam hehe (gaya sekali bahasa lho rief), betul kan sobat??? dengan menulis, maka hobi bisa tersalurkan dan bisa jadi suatu karya juga kan???, ya siapa tau dengan banyak nulis, suatu saat bisa jadi penulis terkenal ??? (Heeemmmmm Sambil menghayal).

            Meskipun nulis kedengaranya gampang, terkadang susah untuk di lakukan, menurut pengalaman gue susahnya nulis ntu? biasanya binggung pas waktu mulainya, harus mulai nulis dari mana??? meskipun ide dan konsep di pikiran uda ada tapi untuk menuangkan ke bentuk tulisan ntu lho yang susah, kalo dah kayak ginie ceritanya, biasa bawaannya BT, geregetan, nggak semangat, karena binggung harus mulai nulis dari mana??? hemmmm ntu lah tantangan-tantangan untuk menjadi seorang penulis, sebentar gue kasih tips agar kita bisa eksis dan konsisten tuk nulis, kan keren ntu, seumpama tulisan kalian banyak yang ngebaca dan banyak yang berubah prilakunya gara–gara ngebaca tulisan kalian, heeem nie tips-nya sobat bloger agar kalian selalu ber-semangat tuk nulis, ayo di simak ya Cikidoooooout :
  • Catatlah semua ide yang muncul, jangan pernah terlewatkan satu pun, gini maksudnya sobat bloger??? Sobat pasti pernah to??? punya ide nulis mungkin pas bangun tidur, waktu mancing, atau waktu e’e’k sekalipun dan kalian lupa tuk ngecatat ide nulis ntu???, (pernah – pernah???) kan kasian idenya ter-lewat begitu saja, intinya catatat lah semua ide agar jadi sebuah karya tulis (menurut seseorang gue lupa siapa) katanya??? ide yang muncul ntu merupakan sebuah ilham dari sang pencipta makanya harus di catat baik-baik.
  • Belajarlah peka terhadap keadaan yang kalian rasain, maksud gue gini, ide tuk nulis ntu biasanya muncul pada momen – momen tertentu misalnya lagi jatuh cinta, putus cinta, punya sahabat baru, atau di hari-hari tertentu seperti waktu ultah, valentain atau apalah yang pastinya kita harus peka untuk mencatat momen – momen penting yang kita rasakan tuk menjadi sebuah tulisan.
  • Mulailah menulis sekarang jangan di tunda – tunda, kadang banyak orang uda punya ide tuk nulis, tapi malah di tunda, ya jadinya terlewatkan dengan begitu saja nulisnya.
  • Bayak – banyaklah membaca (tapi jangan banyak baca???/ bacaan dewasa ya sobat, awas anu-nya kram hehe), dengan banyak membaca perbendaharaan kata kita ntu bisa beragam, ya,a,a,a jadinya kita bisa lancar  ngecatet kata demi kata yang ada di pikiran, tuk jadi sebuah tulisan.
  • Hilangkan rasa malas tuk nulis, memang sih nggak dapat di pungkiri, terkadang rasa malas ntu selalu muncul, tapi bagaimana kita mensikapi agar bisa ngilangin kemalasan ntu, misalnya nulis sambil dengerin musik atau sambil minum kopi kan asik, bisa semanggat nulisnya. 
  • PD (percaya diri) yang terahir nie yang sangat penting bagi seorang yang ingin menjadi penulis, biasanya seseorang yang baru nulis tu sering ngeluhhin???, malu ah nulis, tar salah di liat orang atau bla bla bla? Hemmmm begini sobat bloger, kalau kita berniat menjadi penulis harusnya mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, jangan takut salah, jangan takut tulisan kita kagak ada yang ngebaca dan yang terpenting, kita harus mempunyai keyakinan bahwa kita bisa nulis !!!. dan berkarya, siapa tau suatu saat ada penerbit yang melirik tulisan kita dan mau memuatnya menjadi sebuah buku hehe, banyak tu blog personal sobat – sobat gue yang tulisannya udah di terbitkan menjadi sebuah buku, kan keren tu dan royaltinya tu lho sobat lumayan tuk tambah – tambah uang jajan.
              Sekian dulu ya sobat bloger, tulisan gue, kepala uda pening sekali nie, nggatau kenapa mungkin terlalu lama di depan computer kpa??? nanti di tunggu aja tulisan gue yang berikutnya dan kalo kalian ngebaca jangan lupa tinggalkan jejak ya! (biar gue nulisnya semangat) By – by.


Ditulis Oleh : Arif Rudiantoro

Arif Rudiantoro Anda sedang membaca artikel tentang Tips agar kita semangat untuk Menulis. Oleh: Arif Rudiantoro. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran serta Pertanyaan dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. ↓↓↓ Backlink Please ↓↓↓

ARTIKEL TERKAIT:

21 komentar:

  1. Bener. Dan kalau udah selesai nulis coba jangan langsung di publish tapi di revisi lagi, siapa tahu ada yang typo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Catet!, betul banget sob,
      Ntu sesuai dg gue dulu pda waktu awal" nya nulis hehe. :)

      Hapus
  2. Mau nulis? yaa nulis aja.. pikir benar salanhya belakangan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe orang bilang :, seni ntu mengalir seperty air, :D

      Hapus
  3. Emang sih seorang blogger pasti ngerasain yang namanya kehabisan ide nulis, terus jadi ga semangat buat nulis.

    Tipsnya keren. :D

    Mampir kesini juga ya:

    UTS: Konspirasi fisika dan kimia! (Part 1)

    "Hidup itu seperti kita sedang belajar fisika dan kimia, harus penuh perhitungan dalam menjalaninya. Tapi jangan hidup seperti rumus-rumusnya, yang berbelit-berbelit dan sulit di mengerti."

    READ: http://celotehan-pelajar.blogspot.com/2013/10/uts-konspirasi-fisika-dan-kimia-part-1.html

    By: Deden Senjaya

    BalasHapus
  4. wah buat yang catet itu mungkin di inget aja ya, tapi repot juga kalo di inget terus lupa padahal komputer cuma berjarak beberapa meter dari wc.
    buat yang pd, waktu awal-awal emang berat banget, suka dikata-katain gitu sama temen-temen, pd ini bisa ilang juga lama-lama, tapi tetep pd aja ah, temen kita juga blm tentu bisa kayak kita gini HAHA!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pepatah bilah Lebih baik 1 catatan dri-pda 1rbu ingatan hehe, catat aja lhah sob,
      & Intinga PD-aja :-d

      Hapus
  5. Wah kalau ane mah kebalik, nulis itu justru buat ngegenjo semangat hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hio k sob, Mantep :-d

      Berarty so bakat jady penulis nie e :D

      Hapus
  6. wah makasih tipsnya.
    akhir-akhir ni lagi semangat-semangatnya nulis..

    salam kancut dari adminnya :)
    http://ceritaulil.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. hia sob sama" :waaa:
      Salam kenal ya sip :-d

      Hapus
  7. "Meskipun nulis kedengaranya gampang, terkadang susah untuk di lakukan" nah itu dia! akhir2 ini sy jarang menulis T.T hikkssss

    BalasHapus
  8. Bener banget. Menulis itu yang paling susah, pas pengen mulainya gimana. Saya selalu aja kayak gitu. Tapi, lama-lama bisa ngerti sendiri sih. Hehe.

    BalasHapus
  9. makasih kak atas tips-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hia sama-sama sob
      makasih ya dah kunjung,, :-d

      Hapus
  10. gue suka kata2 lu ini "ide nulis mungkin pas bangun tidur, waktu mancing, atau waktu e’e’k" ahaaay.. yah menulis itu harus seperti air gak boleh dipaksa karena hasilnya bakal jelek.. merangkai kata awalnya susah tapi kalau sudah terbiasa menulis maka akan terbentuk karakter tulisan kita sendiri tapi manfaatnya banyak sih, kalo komunikasi ke orang kita bisa memberikan informasi secara baik dan lebih dan gak kaku dan wawasan kita pun yakin bakal luas karena kita mencari media terus, betul tidak bro..ahaay..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Sekali sob Cucok :-d
      Makasih ya dah Kunjung :D

      Hapus

"TERIMAKASIH TELAH BERKOMENTAR DI BLOG SEDERHANA INI"