Recent Posts

Rief, seorang yang bermimpi menjadi penulis, yang ingin merubah dunia dengan tulisan! Dari yang aku lihat, dengar, rasa dan pikir lahirlah halaman ini yang sebagian isinya merupakan pengalaman pribadi, Selamat Membaca

Minggu, 19 Oktober 2014

Jalan – Jalan Sambil Mencari Bibit Mangrove Untuk Kelestarian Alam Mimika


Berangkat ke Pulau
                Dalam rangka penghijauan pesisir di Kabupaten Mimika, maka yayasan YAPEDA (yayasan peduli AIDS) yang bergerak di bidang kelesrtarian lingkungan mengadakan program penanaman mangrove (Atau bahasa kamoro dan asmatnya pohon mangi – mangi) sebanyak 10.000 pohon, pagi nie Sabtu, 17 Oktober 2014 gue beserta rombongan mencari bibit mangrove menyusuri pulau – pulau di pesisir Kabupaten Mimika, hemmm nie merupakan pengalaman pertama gue naik perahu kecil, dengan ombak yg lumayan gede, agak takut memang di tambah hujan yang sangat deras Huuuft (dalam hati Gue berdoa, Tuhan selamatkan Hambamu nie, moga kagak terjadi apeape, gue masih bujang Tuhan belom ngerasain surge dunia) tapi semua ntu bukan merukapan halangan yang berarti, karena gue beserta rombongan ingin melakukan sesuatu yg berarti ntuk daerah nie, yaitu penghijauan dan pencegahan abrasi pantai di Kabupaten Mimika.
 
          Sesampainya di tempat tujuan pertama yaitu di Pulau Muara Pantai, gue beserta tim pencari bibit mangrove mendengarkan Briefing dari penyelenggrara, kalau nggak salah denger begini “ Bapak, ibu dan saudara trimakasih telah meluangkan waktu ntuk hadir di sini, saya mohon sebentar kita mencari bibit mangrauf sebanyak – banyaknya, target 10.000 bibit pada hari nie, semua yang kita liat kita ambil, kecuali Botol dan plastik, nah lo, gimana Mas penyelenggara nie emangnya botol ama plastik bisa di tanam, hehehe tepok jidat gue :)))
 

          Setelah pencarian hampir 3 jam, kakiku terasa pedis agak berdarah akibat nginjak batang pohon di pantai huuft Atiiit, karena ntu gue dengan teman nyantai di perahu sambil coba hitung ternyata baru dapat sekitar 1.500 bibit, aiii masih buanyak belom sampai target, sementara perut yang satu nie dah ndang-duttt-an nggak karuan, karena dah jam 12 blom makan siang, terpaksa kita hentikan sementara pencarian dan istirahat ntuk makan siang. 

Ngitung mangrove
           Perut dah rasa kenyang, saatnya tancap gas ntuk cari bibit mangrove, tapi teman – teman rombongan, ternyata maunya ke pulau yang pantainya luas (What??? dalam hati gue kalau di pantai kan nggak terlalu banyak bibit mangrove, yang banyak ntu di muara-nya,:((( Tapi yowes lha itung – itung refreshing) setibanya di pantai, gue dan teman - teman rombongan di sambut oleh keceria-an anak – anak nelayan papua (Suku Kamoro dan Asmat) yang bermain di pantai, (kesempatan nie gue gunakan ntuk berfoto dengan mereka) gue berfoto ria siang ntu kwkekwk. 

Dengan Anak - Anak Papua

Pesisir Pantai Mimika

         Berfoto uda, lari – lari di pantai uda, saatnya melanjutkan pencarian bibit mangrove lagi di sepanjang muara sungai, karena bibit yang kita dapat baru setengahnya dari target, maka kita harus lebih kerja keras biar dapatnya banyak :))), tapi badan gue nie dah terasa loyo n capek huuuft (Coba da cewek yang mau mijitin pasti enak Kwkekwke), waktu ntu gue bersama bapak – bapak orang Papua (Suku Kamoro) gue ngeluh pada bapak nie :
  • Gue : Bapak, badan gue nie dah terasa loyo n capak, enaknya jamu apa e, biar capeknya ilang ?
  • Bapak Papua : Ooo anak, kalau kebiasaan kami orang Papua ntu, khususnya Suku Kamoro dan Asmat kalau rasa capek di hutan ntu kita biasa cari Tambelo, lalu di makan (sobat bloger tambelo ntu ulat kecil yang warnanya putih kadang coklat yang ada dalam pohon mangrove atau pohon mangi – mangi kalau orang Papua menyebutnya)
  • Gue : Rasanya bagaimana kah, Bapak ???
  • Bapak Papua : ya kenyal, agak amis dikit, karena ntu harus di makan mentah biar ada kasiatnya.
  • Gue : Selain kasiatnya ntuk pegal – pegal, Tambelo ntu utuk apa bapak??? (ingat pepatah mengatakan  malu bertanya sesat di kamar).
  • Bapak Papua : yang Bapak tau, selain ntuk pegal – pegal, Tambelo juga ntuk obat Kejantanan Pria???
  • Gue : What??? :)))) Maksudnya bapak???
  • Bapak Papua : Ntu agar kita bisa kuat ntuk berhubungan badan ( SEX ) sampe pagi, di jamin Kayu terus dan pasangan Puas :)))
  • Gue : hahahahahaha, Gue Cuma tertawa kecil (di dalam hati : Buua-Pak, Gue nie masih Bujang Kalau kepingin Bagaimana ??? Apa yang gue lakuin) Uda kagak usah di bahas lagi ye :)))

Lagi Nyicipin Tambelo

           Ahirnya gue tergoda juga tuk mencicipi makanan khas Papua nie yaitu Tambelo, emang kalau di rasain ntu rasanya agak Gimana gitu???: asin - asin sedikit amis, kalau kita telan seperti agar – agar, sedikit mau muntah gue, tapi ya tuk menghormati, si bapak Papua aja lah, dah capek – capek belah kayu cari’in gue tambelo, masak tidak gue makan, kan kasian :))) ahirnya setelah makan Tambelo, capek gue dah ilang, tinggal lanjut mencari bibit mangrove lagi kita.
 
          Jam dah menunjukkan pukul 03.00 sore lewat, saatnya makan sore, dan apsen, semua rombongan tanda tangan, di sela – sela istirahat ntu penyelenggara melakukan Briefing sore, Mas penyelenggara bilang : Bapak, ibu dan saudara trimakasih telah menemani kami mencari bibit mangrove, maaf mungkin bapak ibu udah capek, sebentar ada honor sedikit (Hore bisa pake beli mobil), tapi bukan di hitung dari banyaknya bibit mangrove yang terkumpul, tapi yaaa sekedar rasa terimakasih kami telah ikut mencari bibit mangrove, dan ikut melestarikan hutan Mangrove di Kabupaten Mimika nie. Saat pulang  pun tiba, heeem badan rasanya cepek, lemes bau lumpur, lengkap sudah penderitaan gue :))), tapi gue seneng bisa berbuat sesuatu tuk Mimika nie, selain ntu ya itung – itung liburan lha biar tidak stress di rumah, TAMAT.


Ditulis Oleh : Arif Rudiantoro

Arif Rudiantoro Anda sedang membaca artikel tentang Jalan – Jalan Sambil Mencari Bibit Mangrove Untuk Kelestarian Alam Mimika. Oleh: Arif Rudiantoro. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran serta Pertanyaan dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. ↓↓↓ Backlink Please ↓↓↓

ARTIKEL TERKAIT:

16 komentar:

  1. Walaupun agak sere perjalanannya naik perahu kecil, tapi hasil yang d dapat sepadan pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe Tu Lha sob :)
      Mkasih Dah Kunjung =D

      Hapus
  2. Orang-orang yang perduli lingkungan seperti mas Arif yang diperlukan rakyat Indonesia dan rakyat Papua sekarang ini. Semoga jaya dilaut dan kuat di udara yah mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe Ok Ok Mas :) Seve =D
      Menunggu Kebijakan Presiden Baru JKW / JK
      Moga membawa kebaikan yg merata dari sabang sampai meraoke =D
      Mkasih ye dah Kunjung :)))

      Hapus
  3. waaa, keren, keren!!!
    rasanya ingin main di pantai timika, sama ngobrol dengan orang-orang di sana~ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya Sob Wajib dtang ke Timika =D

      Hapus
  4. kak kita tuker tempat yu, kakak jadi saya, saya jadi kakak..cuman seminggu doanganlah..mau ya...

    pengen jalan-jalan ke Mimika sambil nyari bibit mangrove

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh - Boleh tapi hanya dalam mimpi aje ya ob hehehe
      Soalnya jauh,
      Tar" kalau Pulkam baru Tukeran :)))
      Thaks ya dah Kunjung :)))

      Hapus
  5. mangrof ya???tanem di daerahe nyong bisa gak ? di kaki gunung sindoro hehee... salam aja mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Gunung Cocoknya tanami Telo mas hehe
      Mkasih ya mas dah Kunjung :)

      Hapus
  6. aaakkk Papua! semoga kelestarian alam dan penduduknya terjaga yaa. Amin

    BalasHapus
  7. Uwaaa gimana caranya kesana? Pengen deh ikutan aktivitas sosial kayak gini. Ya macam penghijauan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik Odong - odong Mbak :) di tunggu ke papuanya :)

      Hapus

"TERIMAKASIH TELAH BERKOMENTAR DI BLOG SEDERHANA INI"