Recent Posts

Rief, seorang yang bermimpi menjadi penulis, yang ingin merubah dunia dengan tulisan! Dari yang aku lihat, dengar, rasa dan pikir lahirlah halaman ini yang sebagian isinya merupakan pengalaman pribadi, Selamat Membaca

Minggu, 09 November 2014

Cara Mudah Memperbaiki Head Printer Epson R 230 yang Mampet (Tinta tidak mau keluar)

         Berawal sekitar dua bulan yang lalu, saat ada pelanggan gue cetak foto ukuran 10 R :), di foto ntu gambarnya jernih, tapi setelah gue cetak dengan Printer Epson R 230 yang biasanya gue pake bagus, ternyata malah hasilnye belepotan, kagak sesuai dengan foto yang di layar monitor. #Waduh… gue kaget!!! (bagai tersambar Petir) :))) napa nie Printer??? biasanya bagus ntuk cetak foto! Tapi napa kali nie kok hasilnye jelek & belepotan kayak gini? Dalam hati (apakah printer nie kesetanan ya? / kerasukan jin?, setan? / sebangsa-nya kok asil-nye jelek)??? Ahir-nye gue Putusin pergi ke Mbah dukun Google ntuk cari solusinye?, Setelah gue semedi & minta petunjuk mbah Google seharian, sampe lupa makan, mandi dan gosok gigi, ahirnya gue dapet Petunjuk-nye juga! Hore,,, Printer gue bisa sehat & bisa cari uang lagi :))) ntu Intro-nya sobat bloger Xixi :))).

        Gue ingin membagi sedikit pengalaman gue tentang Cara memperbaiki Printer Epson R 230 yang Mampet alias tinta nggak mau keluar!. Di pasaran Indonesia sekarang nie banyak di jual beberapa jenis Printer dari Printer berjenis laserjet sampai Inkjet, tapi biasanya orang lebih suka memakai printer berjenis Inkjet dari pada laserjet, karena printer inkjet harganya lebih murah dan cocok di gunakan sebagai usaha cetak foto amatir seperti gue nie. Meskipun gitu printer berjenis Inkjet cenderung lebih sering terjadi masalah – masalah, misalnya, tinta mampet kagak mau keluar, hasil prin bergaris, paper jam, sampai lampu indicator blinking atau berkedip – kedip :)
 
        Tapi kesempatan kali nie gue ingin membahas satu dulu yaitu cara memperbaiki printer Epson R 230 yang mampet atau tinta nggak mau keluar, kalau sobat bloger mendapati printernya mampet nggak keluar tinta :) yang perlu sobat bloger lakuin adalah jangan panik, belajar nekat dan berani membongkar Printer-nya sendiri, biar nggak makan ongkos serfis, lalu Caranya Rief???? Ayo di simak penjelasan gue kali nie :))))
 
           Sebelum memperbaiki printer-nya ada peralatan yang perlu sobat bloger siappin, di antarnya: Tisu, alat suntik tinta bekas, selang karet kecil, air mineral, Alkohol, cairan pembersih kaca dan yang terahir keberanian :))) cara membuat cairan pembersih Head adalah campuran air mineral (di sarankan pakai air mineral kemasan), alcohol dan cairan pembersih kaca di campur jadi satu, gunakan media alat suntik dengan ujung selang karet sebagai penghubung yang nantinya di tancapkan pada kepala Heat printer Epson R 230, (sebenarnya ada cairan khusus pembersih Heat yang di jual di toko computer, berhubung gue berada di Timika maka gue pake cairan racikan sendiri, karena masih susah cari cairan khusus ntu di Timika) lebih jelasnya lihat gambar.
Alat-alat yang di butuin
Pertama, Buka penutup printer Epson R 230 yang ingin di perbaiki :) 

Posisi Printer di Buka
Kedua, Letakkan Tisu di alas pemutar kertas yang nantinya berfungsi sebagai penyerap tinta biar nggak meluber.

Posisi Tisu
Ketiga, Seret rumah Cartridge sampai di tempat penggantian tinta, copot salah satu Cartridge yang terdeteksi mampet.
 
Saat Cartridge di lepas
Biasanya di tandai hasil cetak yang nggak rata dan kalau di cek menggunakan nozzle check salah satu warna ada yang ilang atau putus - putus, nie contoh gambar hasil nozzle check-nya, :)
 
Hasil nozzle check
Keempat, Tancapkan suntikan dengan selang karet yang sudah terisi cairan pemberih ke kepala head printer, tekan suntikan pelan – pelan, kemudian sedot kembali :))) ulangi langkah tersebut beberapa kali sampai cairan di suntikan terlihat bening nggak terlihat bercak tintanya lagi, liat gambar :)))
Saat Selang karet di tancapkan di kepala Head

Saat Alat Suntik Memompa Head
             Kalau di rasa uda bersih dan nggak buntu head-nya maka lakukan head cleaning beberapa kali lalu cek hasilnya dengan nozzle check bila hasilnya bagus dan nggak putus – putus berarti Printermu dah sehat dan siap di gunakan ? / tapi bila hailnya maih putus – putus ulangi langkah di atas sampai hasilnya bagus. #Pengalaman : Gue kemaren perbaiki ampe setengan hari, baru hasilnya keliatan bagus, maka sobat blooger harap ber-sabar & tlaten agar hailnya memuaskan.
 
Warning : Gue nggak tanggung jawab bila terjadi kerusakan pada Printer Anda !!!, karena Tutorial yang gue buat ntu udah gue praktekin dan hasilnye Jos Gondos kotos – kotos, Sekian :))) 



Ditulis Oleh : Arif Rudiantoro

Arif Rudiantoro Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mudah Memperbaiki Head Printer Epson R 230 yang Mampet (Tinta tidak mau keluar). Oleh: Arif Rudiantoro. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran serta Pertanyaan dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. ↓↓↓ Backlink Please ↓↓↓

ARTIKEL TERKAIT:

5 komentar:

  1. Trimakasih banya mas , printer saya di rumah head printernya juga rusak... :) trimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok Sob Moga cepet Sembuh Printer-nya :)

      Hapus
  2. Kalo cannon gimana ya?
    Salam kenal dari palembang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canon ya, dri pngalaman q :) kalau masalahnya di Cartridge, biasanya tes di remdam pake air hangat, bila belum bisa, tinggal ganti Cartridge baru hehe, pasti dah Ok lagi :)
      Ya sob salam kenal q, bloger Timika :)

      Hapus
  3. ingin kaos desain sendiri yang berkualitas? yuk kunjungi http://www.hygmatic.com menjual kaos polos grosiran dan jasa print.

    BalasHapus

"TERIMAKASIH TELAH BERKOMENTAR DI BLOG SEDERHANA INI"